PERKEMBANGAN BAHASA ANAK
Nama kelompok penjawab
1. Dwi Haryanti A.
310090 005
2.
Ardania TM A. 310090 009
3.
Prima Kusuma D A.310090 011
4.
Bagas Satriawan A. 310090 024
Nama kelompok pembuat soal
1. Siti aminah A.310090
037
2.
Novi Zaroroh A. 310090 040
3.
Marganing Fatamah A. 310090 042
4.
Nurul Fadilah A. 310090 045
SOAL
1. Kemampuan berbicara dan memahami bahasa oleh anak diperoleh
melalui rangsangan dari lingkungannya. Anak dianggap sebagai penerima pasif
dari tekanan lingkungannya, tidak memiliki peranan yang aktif di dalam proses
perkembangan perilaku verbalnya. Menurut pandangan kaum apakah pernyataan
diatas?
2.
Sebutkan empat macam bunyi
vokabel!
3.
Bagaimana perkembangan
kosakata anak usia 13 bulan?
4.
Jelaskan tahap-tahap bayi
dalam berkomunikasi dari lahir sampai 12 bulan!
5.
Sebutkan dan jelaskan tahap
perkembangan kata dan kalimat!
JAWABAN
1. Kaum behavioris
2.
Bunyi vokabel terdiri dari
empat macam
a. Satu vokal atau vokal yang diulang
b. Nasal yang silabis
c. Frikatif yang silabis
d. Rangkaian konsonan vokal, dengan atau tanpa reduplikasi, dan
konsonannya berupa nasal atau bunyi hambat.
3.
Pada usia sekitar 13 bulan
anak sudah menguasai secara reseptif sekitar lima puluh lima buah kata.
4.
a. Minggu pertama, meniru
menggerakkan tangan, menjulurkan lidah dan membuka mulut
b. Minggu ke-dua, bayi dapat membedakan wajah ibunya dari wajah
orang lain.
c. Usia tiga minggu, bayi tersenyum sebagai reaksi sosial terhadap
rangsangan (wajah atau suara ibu).
d. Bulan kedua, bayi “berdekut” (cooing), bunyi seperti
bunyi burung merpati jika berada dalam keadaan senang.
e. Menjelang usia tiga bulan kemampuan kognitif bayi sudah
meningkat, dia tidak tertarik pada wajah yang diam saja; dia mengharapkan lebih
dari itu agar tetap berminat untuk berinteraksi. Sehingga setapak demi setapak
kemajuan interaksi dan komunikasi bayi semakin bertambah.
f. Menjelang usia duabelas minggu bayi mulai mengeluarkan suara
balasan jika ibu memberikan tanggapan terhadap suaranya. Hal ini berlangsung
terus sampai menjelang bayi berumur enam bulan.
g. Menjelang usia lima bulan, bayi mulai menirukan suara dengan
gerak orang dewasa secara sengaja, sehingga semakin meningkatlah perbendaharaan
eskpresi wajahnya.
h. Menjelang usia enam bulan, minat bayi pada mainan dan
benda-benda semakin meningkat; tadinya minatnya lebih terarah pada manusia.
i.
Anatara usia tujuh sampai
duabelas bulan, anak mulai lebih memegang kendali di dalam interaksi dengan
ibunya.
5.
a. Kata pertama
Kemampuan mengucapkan kata pertama sangat ditentukan oleh
penguasaan artikulasi, dan oleh kemampuan mengaitkan kata dengan benda-benda
yang menjadi rujukannya (de vilers, 1979)
b. Kalimat satu kata
Kata pertama yang berhasil dituturkan anak akan disusul
oleh kata kedua, ketiga, keempat dan seterusnya. Keistimewaan kata-kata yang
diucapkan anak biasanya dapat ditafsirkan sebagai sebuah kalimat yang bermakna.
c. Kalimat dua kata
Kalimat dua kata merupakan kalimat yang hanya terdiri dari
dua buah kata, sebagai kelanjutan dari kalimat satu kata. Kemampuan
menggabungkan dua kata biasanya dikuasai menjelang usia 18 bulan. Dalam
menggabungkan kata, anak mengikuti urutan kata yang terdapat pada bahasa orang
dewasa.
d. Kalimat lebih lanjut
Setelah penguasaan kalimat dua kata mencapai tahap
tertentu, maka berkembanglah penyusunan yang terdiri dari tiga buah kata.
Menurut Brown (1973) kontruksi kalimat tiga kata ini sebenarnya merupakan hasil
dari penggabungan atau perluasan dari kontruksi dua kata sebelumnya yang
digabungkan. Menjelang usia dua tahun anak rata-rata sudah dapat menyusun
kalimat empat kata yakni dengan cara perluasan, meskipun kalimat dua kata masih
mendominasi korpus bicaranya.
KONSEP MAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar