Senin, 04 Juni 2012

PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

Nama kelompok penjawab
1.      Dwi Haryanti                          A. 310090 005
2.      Ardania TM                            A. 310090 009
3.      Prima Kusuma D                     A.310090 011
4.      Bagas Satriawan                     A. 310090 024

Nama kelompok pembuat soal
1.      Siti aminah                              A.310090 037
2.      Novi Zaroroh                          A. 310090 040
3.      Marganing Fatamah                A. 310090 042
4.      Nurul Fadilah                          A. 310090 045

SOAL
1.      Kemampuan berbicara dan memahami bahasa oleh anak diperoleh melalui rangsangan dari lingkungannya. Anak dianggap sebagai penerima pasif dari tekanan lingkungannya, tidak memiliki peranan yang aktif di dalam proses perkembangan perilaku verbalnya. Menurut pandangan kaum apakah pernyataan diatas?
2.      Sebutkan empat macam bunyi vokabel!
3.      Bagaimana perkembangan kosakata anak usia 13 bulan?
4.      Jelaskan tahap-tahap bayi dalam berkomunikasi dari lahir sampai 12 bulan!
5.      Sebutkan dan jelaskan tahap perkembangan kata dan kalimat!

JAWABAN
1.      Kaum behavioris
2.      Bunyi vokabel terdiri dari empat macam
a.       Satu vokal atau vokal yang diulang
b.      Nasal yang silabis
c.       Frikatif yang silabis
d.      Rangkaian konsonan vokal, dengan atau tanpa reduplikasi, dan konsonannya berupa nasal atau bunyi hambat.

3.      Pada usia sekitar 13 bulan anak sudah menguasai secara reseptif sekitar lima puluh lima buah kata.
4.      a. Minggu pertama, meniru menggerakkan tangan, menjulurkan lidah dan membuka mulut
b.      Minggu ke-dua, bayi dapat membedakan wajah ibunya dari wajah orang lain.
c.       Usia tiga minggu, bayi tersenyum sebagai reaksi sosial terhadap rangsangan (wajah atau suara ibu).
d.      Bulan kedua, bayi “berdekut” (cooing), bunyi seperti bunyi burung merpati jika berada dalam keadaan senang.
e.       Menjelang usia tiga bulan kemampuan kognitif bayi sudah meningkat, dia tidak tertarik pada wajah yang diam saja; dia mengharapkan lebih dari itu agar tetap berminat untuk berinteraksi. Sehingga setapak demi setapak kemajuan interaksi dan komunikasi bayi semakin bertambah.
f.       Menjelang usia duabelas minggu bayi mulai mengeluarkan suara balasan jika ibu memberikan tanggapan terhadap suaranya. Hal ini berlangsung terus sampai menjelang bayi berumur enam bulan.
g.      Menjelang usia lima bulan, bayi mulai menirukan suara dengan gerak orang dewasa secara sengaja, sehingga semakin meningkatlah perbendaharaan eskpresi wajahnya.
h.      Menjelang usia enam bulan, minat bayi pada mainan dan benda-benda semakin meningkat; tadinya minatnya lebih terarah pada manusia.
i.        Anatara usia tujuh sampai duabelas bulan, anak mulai lebih memegang kendali di dalam interaksi dengan ibunya.
5.      a. Kata pertama
Kemampuan mengucapkan kata pertama sangat ditentukan oleh penguasaan artikulasi, dan oleh kemampuan mengaitkan kata dengan benda-benda yang menjadi rujukannya (de vilers, 1979)
b. Kalimat satu kata
Kata pertama yang berhasil dituturkan anak akan disusul oleh kata kedua, ketiga, keempat dan seterusnya. Keistimewaan kata-kata yang diucapkan anak biasanya dapat ditafsirkan sebagai sebuah kalimat yang bermakna.
c. Kalimat dua kata
Kalimat dua kata merupakan kalimat yang hanya terdiri dari dua buah kata, sebagai kelanjutan dari kalimat satu kata. Kemampuan menggabungkan dua kata biasanya dikuasai menjelang usia 18 bulan. Dalam menggabungkan kata, anak mengikuti urutan kata yang terdapat pada bahasa orang dewasa.
d.   Kalimat lebih lanjut
Setelah penguasaan kalimat dua kata mencapai tahap tertentu, maka berkembanglah penyusunan yang terdiri dari tiga buah kata. Menurut Brown (1973) kontruksi kalimat tiga kata ini sebenarnya merupakan hasil dari penggabungan atau perluasan dari kontruksi dua kata sebelumnya yang digabungkan. Menjelang usia dua tahun anak rata-rata sudah dapat menyusun kalimat empat kata yakni dengan cara perluasan, meskipun kalimat dua kata masih mendominasi korpus bicaranya.

KONSEP MAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar